Taman Doa Maria – Gantang

Taman Doa Maria – Gantang

Taman Doa Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan – jajandolan.com

“Taman Doa Maria Ratuning Katentreman Lan Karaharjan” atau yang lebih dikenal dengan Taman Doa Gantang merupakan tempat ziarah yang tergolong baru. Taman Doa ini diresmikan pada Oktober 2017 lalu melalui perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Mgr Robertus Rubiyatmoko, Uskup Keuskupan Agung Semarang. Walaupun tergolong baru, namun Taman Doa Gantang ini sudah cukup menyita perhatian. Salah satunya, karena terdapat patung Bunda Maria bergaya Jawa yang berdiri megah setinggi 10 meter.

Lokasi

Taman Doa Gantang terletak di Sawangan, Gantang, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi Taman Doa Gantang tepat berada di belakang Gereja Santo Fransiskus Xaverius Gantang yang termasuk dalam wilayah Paroki Santo Kristoforus Banyutemumpang.

Untuk dapat menuju kesana, bisa melalui dua jalur. Jalur pertama dapat ditempuh melalui Salatiga, via Kopeng kearah Ketep Pass. Sedangkan jalur kedua dapat ditempuh via Blabak Magelang. Kedua jalur tersebut memiliki akses yang tergolong mudah dengan kondisi jalan yang relatif baik. Bahkan memungkinkan untuk rombongan dengan bis kecil berkapasitas 30-an orang.

Untuk lebih jelasnya dapat mengikuti arah dari maps berikut ini:

Patung Bunda Maria Bergaya Jawa

Satu hal ikonik dari Taman Doa Gantang adalah Patung Bunda Maria yang cukup besar dan yang menarik adalah Patung Bunda Maria tersebut merupakan alkulturasi dengan budaya setempat sehingga menghasilkan sebuah Patung Bunda Maria Bergaya Jawa.

Patung Bunda Maria tersebut juga mengandung banyak filosofi dalam pembuatannya, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tinggi dari dasar patung adalah 3 meter. Tiga erat kaitannya dengan Tritunggal Maha Kudus, Bapa, Putera dan Roh Kudus
  • Tinggi dari patung Bunda Maria adalah 7 meter. Tujuh melambangkan 7 sakramen yang terdapat pada Gereja. Sakramen baptis, ekaristi, penguatan, pengakuan dosa (tobat), perkawinan, minyak suci, dan imamat.
  • Tinggi keseluruhan adalah 10 meter. Sepuluh melambangkan 10 perintah Allah
  • Bunda Maria menginjak Naga. Jika diperhatikan hewan yang di injak oleh Bunda Maria bukanlah ular seperti yang umum kita lihat, melainkan naga. Hal ini melambangkan bahwa di situasi sekarang ini godaan yang ditawarkan lebih menggiurkan dan menggoncangkan Iman manusia.

Gua Maria

Di Taman Doa Gantang juga terdapat Gua Maria dan disediakan Gazebo dan tempat duduk untuk peziarah yang ingin berdevosi kepada Bunda Maria melalui doa Rosario. Suasana yang tenang dengan hawa lereng gunung yang cukup sejuk merupakan kombinasi yang sangat tepat untuk berkomunikasi lebih intim dengan sang pencipta.

martinustama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *